• Kamis, 18 Agustus 2022

Ganjar Klaim Banjir Rob di Semarang sudah Dapat Penanganan Jangka Pendek, Iya Deh!

- Selasa, 24 Mei 2022 | 14:40 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau sejumlah titik genangan rob di Semarang, Selasa 24 Mei 2022 (Foto: Humas Pemprov Jateng)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau sejumlah titik genangan rob di Semarang, Selasa 24 Mei 2022 (Foto: Humas Pemprov Jateng)

Kanaljateng.com -- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengatakan tanggul jebol yang mengakibatkan banjir rob di Kota Semarang sedang mendapat penanganan jangka pendek.

"Kalau jangka pendek beberapa tanggul yang kemarin itu jebol kita cari. Karena sebenarnya kalau menutup (tanggul jebol) itu jauh lebih cepat," kata Ganjar Pranowo, Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 24 Mei 2022.

Menurut Ganjar, tanggul jebol berada di kampung Ujung Laut atau di antara PT Janata Marina Indah dengan PT Optima Sinergi Comvestama.

Baca Juga: Tanggul Jebol Akibat Air Laut Pasang, Delapan Wilayah di Semarang Terendam Banjir Rob

Selain itu, tanggul jebol juga berada di kawasan PT Pinnacle Apparels, Semarang.

"Kemarin coba kita tutup jebolnya di sana, agak panjang. Tanahnya sudah ada, ini tinggal dikeruk. Maka saya minta dikerjakan sebelum jam 1 karena hari ini kemungkinan akan naik lagi," ujar Ganjar menegaskan.

Menurut Ganjar, perlu ada pemantauan dari udara untuk mengetahui titik-titik tanggul jebol di Kota Semarang secara menyeluruh.

Baca Juga: Resep Murah Membuat Siomay Ayam ala Chef Devina Hermawan, Dijamin Gurih, Kenyal, dan Nagih!

"Dalam kondisi emergency kita musti show off. Peralatan, manusia, dan sumber dayanya digerakkan sejak tadi malam," beber Ganjar.

Ganjar menyatakan dalam mengatasi masalah banjir rob, sedang dilakukan penanganan jangka panjang.

Di Pekalongan, Pemerintah sedang membangun tanggul laut, dan di Semarang-Demak sedang dibangun jalan tol yang berfungsi sebagai penahan banjir rob.

Baca Juga: Resep Kue Mochi khas Semarang ala Chef Devina Hermawan, Semua Pasti Suka!

"Di Pekalongan tanggul lautnya masih jalan, yang di sini tol Semarang-Demak itu juga kita coba untuk menghalau itu. Memang musti ada regulasi yang cukup ketat di area coastel ini, pinggiran ini. Kalau bangunannya masih mengambil air tanah cukup tinggi ya kita akan mengalami ini terus," ungkap Ganjar.***

Editor: Mustholih

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X