• Minggu, 3 Juli 2022

Bandara Ahmad Yani Perbarui Syarat Perjalanan Penumpang Pesawat, Simak Baik-baik!

- Rabu, 18 Mei 2022 | 20:04 WIB
Lebaran 2022, Jumlah Penumpang Bandara Ahmad Yani Semarang Meningkat Signifikan (Foto: Humas Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang)
Lebaran 2022, Jumlah Penumpang Bandara Ahmad Yani Semarang Meningkat Signifikan (Foto: Humas Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang)

Kanaljateng.com -- Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, mendukung keputusan Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghapus kewajiban tes swab PCR maupun antigen sebagai syarat perjalanan domestik dan luar negeri bagi masyarakat yang sudah menerima vaksin Covid-19 dosis lengkap.

Mulai hari ini, setiap penumpang pesawat yang sudah menerima vaksin Covid-19 dosis lengkap tidak perlu lagi menyertakan hasil tes swab PCR ataupun antigen di Bandara Ahmad Yani.

"Bandara Jenderal Ahmad Yani siap mendukung dan menjalankan kebijakan terkait syarat perjalanan orang dengan transportasi udara," kata Humas Bandara Jenderal Ahmad Yani, Heri Trisno Wibowo, Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 18 Mei 2022.

Baca Juga: Jaga Nol Kasus PMK, Demak Sekat Lalu Lintas Hewan Ternak dan Pasar Hewan tidak Ditutup

Namun, kata Heru, penumpang yang baru menerima vaksinasi dosis pertama masih wajib menunjukan hasil negatif swab PCR ataupun antigen. 

"Tes RT-PCR sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam atau rapid test antigen sampelnya diambil dalam kurun waktu 1x24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan," ujar Heru menegaskan.

Adapun penumpang yang tidak bisa menerima vaksin dengan alasan medis masih wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen dan swab PCR. "Serta wajib melampirkan surat keterangan dokter dari RS Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19," beber Heru.

Baca Juga: Tersangka Korupsi Ekspor Minyak Goreng Bertambah, Lin Che Wei Susul Pejabat Kemendag ke Tahanan

Heru mengimbau kepada masyarakat mematuhi pembaruan syarat perjalanan dalam pesawat terbang.

"Kami berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang optimal dan mendukung penerbangan yang aman dan sehat bagi seluruh pelaku perjalanan," tegas Heru.***

Halaman:

Editor: Mustholih

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X