• Minggu, 22 Mei 2022

Hati-hati! Pasang Jebakan Tikus Mengandung Arus Listrik di Area Persawahan Berpotensi Pidana

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 10:18 WIB
Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy (Humas Polda Jateng)
Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy (Humas Polda Jateng)

Kanaljateng.com - Polda Jawa Tengah menyoroti maraknya pemakaian jebakan tikus di area persawahan dengan mengaliri arus listrik.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar M iqbal Alqudusy, mengatakan korban jiwa akibat warga tersengat arus listrik dari jebakan tikus itu sudah cukup banyak di Jateng.

"Sudah banyak korban jiwa yang meninggal akibat jebakan listrik di persawahan. Terakhir seminggu lalu, Hadi Sukarno, 65, warga Patihan Sidoharjo, Sragen meninggal karena jebakan listrik. Dia menjadi korban ke-23 kasus seperti sejak 2020 di Sragen" kata Iqbal, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, 8 Desember 2022.

Baca Juga: Fantastis! 18 Jam Tayang di YouTube, Bintang di Surga Noah Ditonton 3,3 Juta Warganet

Menurut Iqbal, kasus kematian akibat tersengat arus listrik dari jebakan tikus itu, antara lain pernah terjadi di Sragen dan Kudus.

Iqbal mengungkap kebanyakan kasus seperti ini mengandung unsur penyalahgunaan izin pemasangan listrik yang semula untuk pompa air tapi juga digunakan untuk memasang jebakan tikus.

"Jatuhnya korban jiwa karena jebakan listrik itu seperti itu patut disayangkan. Pemasangan jaringannya bisa jadi tidak sesuai prosedur keselamatan dan ilegal," tegas Iqbal.

Baca Juga: Tur Album Cidro Asmoro Ndarboy Genk Batal Singgah ke Pati dan Boyolali, Langsung Bablas ke Solo

Iqbal mengatakan memasang jebakan tikus dengan mengaliri arus listrik berpotensi pidana apabila sampai menamakan korban.

"Menghilangkan nyawa orang lain seperti itu melanggar pasal 359 KUHP yang berbunyi barang siapa karena kesalahannya menyebabkan orang lain mati, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana kurungan paling lama satu tahun," jelas Iqbal.

Iqbal meminta petani segera mengurungkan niat memasang jebakan listrik.

"Itu pelanggaran dan berkonsekuensi pidana. Siapa yang masih melanggar, beresiko dipenjara," tegas Iqbal.

Editor: Mustholih

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X