• Minggu, 3 Juli 2022

Longgarkan Kewajiban Masker, Jokowi Lakukan Transisi Pandemi ke Endemi

- Rabu, 18 Mei 2022 | 15:16 WIB
Ilustrasi aturan buka masker (Pexels)
Ilustrasi aturan buka masker (Pexels)

Kanaljateng.com -- Presiden Joko Widodo atau Jokowi melonggarkan kewajiban mengenakan masker.

Jokowi menyatakan masyarakat yang sedang beraktivitas di luar ruangan boleh tidak mengenakan masker dengan catatan tidak padat orang.

Namun, Jokowi menyarankan masyarakat tetap mengenakan masker saat berada di dalam ruangan atau transportasi umum.

Selain itu, Jokowi juga menghapus kewajiban menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 bagi pelaku perjalanan domestik dan luar negeri yang telah menerima vaksin Covid-19 dosis lengkap.

Baca Juga: Jaga Nol Kasus PMK, Demak Sekat Lalu Lintas Hewan Ternak dan Pasar Hewan tidak Ditutup

Menurut Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, kebijakan Jokowi tersebut merupakan bagian upaya transisi dari pandemi ke endemi.

“Bapak Presiden sudah menyampaikan berita gembira buat kita semua. Itu merupakan salah satu bagian dari program transisi yang pemerintah siapkan secara bertahap dari pandemi ke kondisi endemi,” kata Budi Gunadi Sadikin dikutip dari Setkab.go.id, Rabu, 18 Mei 2022.

Budi mengatakan Jokowi sedang melakukan upaya transisi secara bertahap, namun dengan tetap memperhatikan imunitas masyarakat terhadap Covid-19, termasuk varian Omicron yang ternyata sudah dominan di Tanah Air.

Baca Juga: Tersangka Korupsi Ekspor Minyak Goreng Bertambah, Lin Che Wei Susul Pejabat Kemendag ke Tahanan

"Berbeda dengan negara-negara lain seperti Cina dan Amerika, kita tidak mengamati adanya kenaikan kasus yang tinggi dengan adanya varian baru. Jadi relatif Indonesia dan India imunitas dari masyarakatnya terhadap varian baru sudah relatif cukup baik,” terang Budi.

Budi kembali mengungkap hasil penelitian antibodi tubuh terhadap virus di Jawa-Bali jelang mudik Lebaran Idulfitri 2022 menunjukkan bahwa 99,2 persen masyarakat Indonesia telah memiliki antibodi baik dari vaksin maupun infeksi Covid-19.

Baca Juga: Wanda Hamidah Dilaporkan Mantan Suami ke Polisi, Berawal dari Masalah Hak Asuh Anak

Budi menekankan transisi pandemi ke endemi juga harus didukung dengan pemahaman masyarakat mengenai tanggung jawab menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain.

“Kalau kita lihat ke depannya kondisi penularan kasus Covid-19 juga makin lama makin terkendali, yang masuk rumah sakitnya juga makin lama makin sedikit, kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan dirinya sendiri juga semakin tinggi, kita bisa melakukan langkah-langkah relaksasi lainnya yang secara bertahap akan membuat hidup kita kembali normal,” beber Budi.***

Editor: Mustholih

Sumber: Setkab.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X