• Minggu, 3 Juli 2022

Roti Marmer Desa Jograngan yang Empuk nan Enak

- Senin, 29 Maret 2021 | 11:55 WIB
Ganjar_Pranowo_Tinjau_Toko_Roti_Marmer_Klaten
Ganjar_Pranowo_Tinjau_Toko_Roti_Marmer_Klaten


Kanaljateng.com, Klaten -- Roti ini berbentuk kotak. Sepintas lalu, orang yang melihatnya akan teringat dengan marmer atau tegel yang biasa menjadi lantai rumah.





Roti inilah yang membuat Desa Jograngan, Klaten, kini menjadi terkenal sebagai Kampung Roti. Ibu Basuki selaku Penggagas Kampung Roti Jograngan mengaku sudah membuka usaha roti sejak 1995. Semula menjajakan roti marmer dengan dititipkan ke warung-warung dekat rumah.





Usahanya itu berkembang, hingga akhirnya mendirikan toko roti di rumahnya sendiri. Ibu Basuki pun turut membagi-bagikan resep membuat roti marmer kepada warga setempat. "Jadi warga sini banyak yang buat roti. Di tempat saya saja, ada 20 karyawan," ujar Ibu Basuki, Klaten, Jawa Tengah, Senin, 29 Maret 2021.





Pada masa pandemi virus korona covid-19, omset roti marmer bikinan Ibu Basuki sempat menurun drastis. Gara-gara pandemi, dalam sehari roti marmer jualan Ibu Basuki hanya laku satu loyang.





Namun, seiring berjalannya waktu, masa sulit itu berangsur memudar. "Sekarang sudah naik jadi 75 persen. Karyawan juga sudah masuk semua. Di sini terkenal dengan roti yang enak. Ada roti marmer, pisang keju, dan roti gulung. Roti marmer itu laku keras karena empuk," jelas Ibu Basuki.

Halaman:

Editor: Octavianus Borang

Tags

Terkini

Terpopuler

X