• Kamis, 18 Agustus 2022

Arab Saudi Eksekusi Mati 81 Orang Terdakwa Kejahatan Berat, Terbesar sejak 1980

- Minggu, 13 Maret 2022 | 08:53 WIB
ILUSTRASI. Eksekusi mati dengan suntik.  (filcatholic.org)
ILUSTRASI. Eksekusi mati dengan suntik. (filcatholic.org)

Kanaljateng.com - Arab Saudi mengumumkan telah mengeksekusi hukuman mati terhadap 81 orang terdakwa dengan berbagai kejahatan seperti pembunuhan, pemerkosaan, hingga terorisme.

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi menyatakan puluhan orang terdakwa ini dinyatakan bersalah melakukan berbagai kejahatan keji yang menyebabkan sejumlah besar warga sipil dan petugas penegak hukum tewas.

"Terdakwa diberikan hak untuk didampingi pengacara dan dijamin hak penuh mereka di bawah hukum Saudi selama proses peradilan, yang menyatakan mereka bersalah melakukan berbagai kejahatan keji yang menyebabkan sejumlah besar warga sipil dan petugas penegak hukum tewas," kata pernyataan badan pers Arab Saudi, dikutip dari Pikiran-rakyat.com dalam berita berjudul Arab Saudi Umumkan Eksekusi Mati 81 Orang Anggota ISIS hingga Kejahatan Berat, Minggu, 13 Maret 2022.

Baca Juga: Label Halal Kemenag Wajib Tercantum di Kemasan Produk, Harus Tidak Mudah Dihapus dan Dilepas

81 orang terdakwa yang dieksekusi mati, kata Arab Saudi, antara lain, anggota Al-Qaeda, kelompok Negara Islam (ISIS), dan pendukung pemberontak Houthi Yaman.

Televisi Pemerintah Saudi menggambarkan mereka yang dieksekusi sebagai pengikut jejak setan dalam melakukan kejahatan.

Jumlah orang yang dieksekusi jauh lebih banyak dari eksekusi massal pada tahun 1980 sebanyak 63 orang karena terlibat dalam penyerangan Masjidil Haram.

Baca Juga: Sandra Dewi Enggan Pamer Kekayaan di Medsos, Ini Alasannya

Eksekusi massal terakhir di Arab Saudi terjadi pada Januari 2016. Sebanyak 47 orang, termasuk seorang ulama Syiah oposisi terkemuka dihukum mati.*** (Pikiran-rakyat.com/Julkifli Sinuhaji

Editor: Mustholih

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mesut Ozil: Hai Indonesia, Saya akan Datang!

Jumat, 20 Mei 2022 | 15:30 WIB

Geger! UAS Dideportasi dari Singapura

Selasa, 17 Mei 2022 | 08:15 WIB

Terpopuler

X