• Minggu, 3 Juli 2022

1200 Umat Buddha Kirab Waisak dari Candi Mendut hingga Candi Borobudur

- Senin, 16 Mei 2022 | 16:11 WIB
Sejumlah Bhiksu memercikkan air berkah saat kirab perayaan Tri Suci Waisak 2566 BE/2022 dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada Senin, 16 Mei 2022.  (Hallosultra/Dok.pikiran rakyat)
Sejumlah Bhiksu memercikkan air berkah saat kirab perayaan Tri Suci Waisak 2566 BE/2022 dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada Senin, 16 Mei 2022. (Hallosultra/Dok.pikiran rakyat)

Kanaljateng.com -- Umat Buddha Indonesia hari ini menggelar perayaan Tri Suci Waisak di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Sebanyak 1200 umat Buddha menggelar kirab Waisak dengan iringan-iringan drum band, pasukan bendera, mobil hias, hingga pasukan festival yang menyemarakkan perayaan tersebut.

Kirab Waisak di Candi Borobudur digelar sejak dari Candi Mendut.

Baca Juga: Sandra Dewi Terima Berlimpang Kasih Sayang dari Suami: Hidup Saya Bebas!

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Ketua Walubi, Murdaya Widyawimarta Poo, ikut mengikuti kirab, namun hanya sebentar.

"Setidaknya setelah dua tahun pandemi, sekarang masyarakat Buddha sudah bisa merayakan Waisak dengan meriah. Saat ini pesertanya masih dibatasi ya, tapi sudah ada 1200 tadi yang ikut. Saya melihat kegembiraan umat Buddha dan masyarakat," kata Ganjar Pranowo, Magelang, Jawa Tengah, Senin, 16 Mei 2022.

Dengan kehadiran kirab Waisak yang dipadati ribuan masyarakat setempat di pinggir jalan, Ganjar menilai orang-orang memang sudah lama menunggu kegiatan semacam itu.

Baca Juga: Wabah PMK Meluas, Polda Jawa Tengah Kembali Temukan Puluhan Sapi Terjangkit

"Tentu saja masyarakat menyambut bahagia, karena kita semua rindu pada perayaan besar semacam ini. Ya mudah-mudahan semua lancar, karena perayaan Waisak ini kan prosesinya panjang sampai puncaknya nanti malam," jelas Ganjar.

Ganjar mengucapkan selamat hari raya Waisak kepada umat Buddha.

"Saya doakan semoga semua berbahagia," beber Ganjar.***

Editor: Mustholih

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Membedah Identitas Warak Ngendog dalam Mural

Selasa, 12 April 2022 | 10:32 WIB

Terpopuler

X