• Minggu, 3 Juli 2022

Rindu Kesejukan Kota Salatiga Karena Perubahan Iklim, Mahasiswa Ikut Tanam Pohon

- Jumat, 3 Desember 2021 | 16:48 WIB
Mahasiswa merasakan perubahan iklim di Salatiga (Foto : Dhanny)
Mahasiswa merasakan perubahan iklim di Salatiga (Foto : Dhanny)

 

KanalJateng.com - Kota Salatiga yang terkenal sejuk karena berada di kaki Gunung Merbabu, beberapa saat terakhir ini terasa gerah.

Perubahan iklim, disertai pembangunan gedung dan perumahan mengurangi ruang terbuka hijau. Karena situasi tersebut, banyak mahasiswa tidak lagi merasa nyaman saat belajar.

Herry Gabriel Wenda, mahasiswa asal Papua yang datang ke Salatiga sejak 2014, mengaku rindu dengan kesejukan Kota Salatiga. "Semua pasti berubah, termasuk situasi kota. Namun kami berharap agar kesejukan Salatiga tetap terjaga," kata Herry, Jumat 3 Desember 2021.

Baca Juga: Selamat, Kohati Salatiga Juara Lomba Orasi Jawa Tengah

Herry bersama mahasiswa asal Papua, kemudian berinisiatif melakukan penanaman pohon di wilayah Kecamatan Sidorejo. Sebanyak 2.000 bibit pohon buah ditanam untuk mengembalikan kesejukan Salatiga. "Ini memang masih langkah kecil, tapi kami berupaya dan berusaha agar Salatiga kembali menjadi kota hijau. Kami melakukan ini karena peduli dengan Salatiga, tempat kami belajar," ungkapnya.

Baca Juga: Jokowi Bujuk Menteri Basuki Beli Sepatu Bot buat Motoran di Mandalika

Dengan kesejukan tersebut, menurut Herry, mahasiswa menjadi lebih fokus belajar dan bisa meninggalkan hal-hal negatif. "Kami pamit kepada orangtua untuk belajar, jadi kami harus fokus terhadap itu. Dan suasana kota yang adem, akan menunjang dan memermudah kami dalam menyerap ilmu," terangnya.

Baca Juga: Hotman Main ke Semarang, Terpesona dengan Kecantikan Wanita-wanita Kota Lunpia

Halaman:

Editor: Danny Pratama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Membedah Identitas Warak Ngendog dalam Mural

Selasa, 12 April 2022 | 10:32 WIB

Terpopuler

X