• Minggu, 22 Mei 2022

Ini Persyaratan Baru, Ingin Liburan Naik Kereta Kuno di Ambarawa

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 19:01 WIB
Museum KA ambarawa di Kabupaten Semarang kembali dibuka (Foto : Humas KAI )
Museum KA ambarawa di Kabupaten Semarang kembali dibuka (Foto : Humas KAI )

 

 

Kanaljateng.com -- Pengelola Museum Ambarawa kembali melayani perjalanan wisata kereta api kuno bagi masyarakat yang menikmati liburan akhir pekan. Ketentuan syarat terbaru dari PT KAI Wisata yang memperbolehkan anak-anak dan orang dewasa naik kereta kuno lagi. 
 
"Kita mulai mengoperasikan kembali kereta kuno untuk perjalanan pariwisata dengan menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama. Pengecekan bukti vaksinya bisa dilakukan manual atau bisa dari aplikasi Peduli Lindungi," kata Manajer Historical Building and Museum, PT KA Wisata, Trisna Cahyati, Sabtu 23 Oktober 2021.
 
 
Dengan dibukanya wisata kereta kuno dengan persyaratan baru pada 20 Oktober 2021 pihaknya optimis animo masyarakat melonjak drastis dengan kondisi naik separuh lebih setelah kereta kuno dijalankan lagi. 
 
"Saya yakin pengunjung naik jadi 1.000 orang pada akhir pekan. Sebab wisatawan yang liburan ke museum anak anak pengen naik kereta kuno, sedangkan orangtua sebatas mendampingi," jelasnya.
 
Sedangkan untuk anak usia 3 tahun yang naik kereta kuno sudah dikenakan biaya Rp50 ribu. Untuk operasional kereta menggunakan lokomotif diesel dengan jumlah tiga gerbong dengan lama perjalanan 45 sampai 60 menit.
 
"Jadi untuk tempat wisata masih ada batasan 25 persen untuk pengunjung. Sedangkan penumpang kereta kuno selama perjalanan diwajibkan cuci tangan, pakai masker, jaga jarak," ujarnya.
 
 
Kereta api kuno bertenaga diesel setiap sekali jalan dilakukan penyemprotan disinfektan. Sedangkan lokomotif uapnya sedang menjalani perawatan. "Biasanya loko uap dijalankan kalau ada pesanan paket wisata tertentu saja," tuturnya.
Untuk rute kereta kuno melewati jarak cukup jauh dengan menikmati pemandangan panorama pegunungan dengan keindahan sawah dan danau Rawa Pening. Dengan beroperasinya kereta kuno mengacu pada edaran Instruksi Bupati (Inbup), SE Satgas Penanganan COVID-19. Ia berharap operasional kereta kuno bisa mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan di Museum Ambarawa sekaligus memberikan angin segar bagi para pelaku wisata yang ada di Kabupaten Semarang dan sekitarnya.
 
 

Editor: Danny Pratama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Membedah Identitas Warak Ngendog dalam Mural

Selasa, 12 April 2022 | 10:32 WIB
X