• Minggu, 22 Mei 2022

Perhatikan Tiga Hal agar Jantung tetap Sehat, Jangan Abaikan!

- Kamis, 30 September 2021 | 07:00 WIB
Ilustrasi: Hari Jantung Sedunia 2021: Waspadai tanda-tanda peringatan serangan jantung ini. (Pixabay/Pexels.)
Ilustrasi: Hari Jantung Sedunia 2021: Waspadai tanda-tanda peringatan serangan jantung ini. (Pixabay/Pexels.)

Kanaljateng.com -- Menjaga kesehatan jantung sangat penting. Salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan disiplin mengkonsumsi makanan sehat.

Orang yang punya riwayat penyakit jantung jangan sampai sembarangan mengkonsumsi makanan. Salah-salah, makanan yang dikonsumsi justru memicu tekanan darah, gula darah, dan kolesterol yang dapat memicu serangan jantung.

Dokter Spesialis Gizi Klinik Rumah Sakit Nasional Diponegoro Universitas Diponegoro, Annta Kern Nugrohowati, mengatakan 70 persen angka kematian di dunia disebabkan penyakit bukan infeksi. Dari jumlah persentase di atas, penyakit jantung dan pembuluh darah menyumbang 45 persen angka kematian di dunia.

"Artinya kita harus aware terhadap kesehatan jantung” kata Annta dikutip dari Undip.ac.id.

Baca Juga: Stevie Agnecya Pamer Kenakan Mukena, Warganet Heboh!

Menurut Annta, pola makan berpengaruh penting pada kesehatan jantung. Sehatnya jantung seseorang bisa dilihat dari kebiasan ia makan. Kebiasaan makan ini meliputi soal pilihan yang dimakan, pilihan cara makan, dan pilihan waktu makan.

Agar jantung tetap sehat, ada tiga hal yang perlu diperhatikan. Pertama, harus makan dari bahan-bahan makanan yang bervariasi dan tidak monoton.

Kedua, usahakan makan makanan-makanan yang tinggi serat, sayur, serta buah. Ketiga, membatasi asupan garam dan lemak.

Baca Juga: Tips Public Speaking Prilly Latuconsina untuk Mahasiswa Undip

Bahkan, kata Annta, garam berisiko untuk jantung karena bersifat menarik air yang mengakibatkan tekanan darah sehingga berpengaruh pada kesehatan jantung. "Pada orang yang sudah hipertensi, jantung harus memompa lebih kuat. Jika terus-terusan,lama-lama jantungnya membesar, kondisi ini bisa jatuh pada gagal jantung," jelas Annta.

Menyayangi jantung bisa dimulai dengan cara mengkonsumsi makanan yang tepat. "Utamanya mengurangi lemak yang jahat, mengurangi asupan garam, membatasi asupan gula, dan memperbanyak kosumsi sayur dan buah. Pilihlah jenis makanan yang segar dan lauk yang memiliki protein yang baik serta sehat” beber Annta. ***

Editor: Mustholih

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X