• Kamis, 18 Agustus 2022

Siswa MA Kabupaten Semarang Racik Jamu Asam Urat dari Tanaman Gulma

- Selasa, 28 September 2021 | 13:56 WIB
Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Bojongsari saat membersihkan tanaman gulma yang ada situ tujuh muara.  (Dok. Berita.depok.go.id)
Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Bojongsari saat membersihkan tanaman gulma yang ada situ tujuh muara. (Dok. Berita.depok.go.id)

Kanaljateng.com -- Siswa Madrasah Aliyah Negeri I Kabupaten Semarang, Amelia Yurike Fatmawati, membuat racikan jamu asam urat dari tanaman gulma. Setelah lebih dulu dicampur dengan daun semanggi, sereh, dan kayu manis, jamu asam urat itu dibikin menjadi serbuk.

Amelia Yurike Fatmawati memilih Gulma Suruhan (peperomia pellucida) sebagai bahan dasar membuat jamu asam urat. Bersama daun semanggi, sereh, dan kayu manis, Amelia Yurike Fatmawati lalu merebus daun suruhan, menyaringnya setelah dingin, dan mengemasnya dalam bentuk serbuk.

"Banyak orang memanfaatkan tanaman suruhan untuk obat asam urat. Jamu berbentuk serbuk ini dibuat agar lebih praktis,” kata Amelia Yurike Fatmawati dikutip dari Jatengprov.go.id.

Baca Juga: Ada Purworejo di Balik Mata Lentik Sensual Kim Kardashian dan Kylie Jenner?

Amelia Yurike Fatmawati memilih daun suruhan sebagai jamu asam urat karena mudah didapat di sawah dan saluran air. Dalam proses pembuatan jamu berbahan dasar gulma, Amelia Yurike Fatmawati dibantu dua temannya, Yuli Setyawati dan Malik Fajar.

Berkat racikannya ini, Amelia dan kawan-kawan berhasil menyabet Juara III lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) Kabupaten Semarang 2021, pada Senin, 27 September 2021. Guru pembimbing Amelia, Eka Nurmaya, berencana mengurus izin edar ke BPOM dan sertifikasi halal produk jamu bikinan Amelia tersebut.

“Harapannya dapat dijual ke pasaran secara bebas,” ujar Eka Nurmaya.

Baca Juga: Strategi Menteri Kesehatan Hadapi Ledakan Covid-19 di Sekolah, Langsung Karantina!

Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat 2021 digelar untuk membentuk budaya kreatif pada masyarakat Kabupaten Semarang. Pelaksana Harian Kepala Barenlitbangda Kabupaten Semarang, Muslih, mengatakan pada kategori pelajar, SMAN 1 Kabupaten Semarang terpilih sebagai Juara I dengan membuat Sirup Hecang yang terbuat dari racikan jahe secang. Sedangkan Juara II disabet oleh SMAN 1 Bringin dengan membuat Kubida, sejenis makanan camilan. ***

Editor: Mustholih

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X