• Senin, 3 Oktober 2022

Mendag Terbitkan Aturan Baru soal Minyak Goreng, Makin Menyulitkan Rakyat Akses Minyak Goreng Gak Sih?

- Jumat, 27 Mei 2022 | 00:03 WIB
Untuk mendapatkan minyak goreng rakyat bisa didapatkan dengan cara cukup dengan menunjukkan KTP, ujar Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. (Pixabay/AtiwatStudio)
Untuk mendapatkan minyak goreng rakyat bisa didapatkan dengan cara cukup dengan menunjukkan KTP, ujar Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. (Pixabay/AtiwatStudio)

Kanaljateng.com -- Kementerian Perdagangan menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) tentang Tata Kelola Program Minyak Goreng Curah Rakyat.

Permendag itu diklaim bakal memastikan pasokan bahan baku minyak goreng ke pabrik, pabrik- pengecer, hingga konsumen dengan harga Rp14.000/liter atau Rp15.500/kg.

Permendag itu mengatur penjualan minyak goreng bakal dilakukan pada 10.000 titik yang ditentukan Pemerintah dan dunia usaha.

Baca Juga: Gajah sedang Mengandung Ditemukan Mati di Lahan Konsesi, Dibunuh?

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, mengatakan Permendag yang ia terbitkan mengatur penerapan sistem kontrol siklus tertutup (closed loop system) bagi pelaku usaha jaringan logistik yang mendistribusikan minyak goreng curah hasil domestic market obligation (DMO).

"Kita akan menggunakan aplikasi digital untuk memastikan suplai CPO ke produksi minyak goreng sampai penyerahan konsumen menggunakan nomor induk kependudukan
(NIK)," kata Muhammad Lutfi dikutip dari Kemendag.go.id, Kamis, 26 Mei 2022.

Permendag soal minyak goreng curah rakyat ini mulai berlaku 23 Mei 2022.

Baca Juga: Sri Mulyani Bongkar Empat Tantangan Utama Ekonomi Nasional, Pandemi Covid-19 Tersingkir dari Daftar

Menurut Lutfi, Permendag ini mewajibkan kepada seluruh produsen crude palm oil (CPO) dan eksportir CPO, refined, bleached and deodorized palm oil (RBD Palm Oil); refined, bleached and deodorized palm olein (RBD palm olein), dan used cooking oil (UCO) untuk ikut berpartisipasi dalam program minyak goreng curah rakyat.

Lutfi mengancam produsen minyak goreng yang tidak ikut berpartisipasi dilarang melakukan ekspor.

Lutfi berujar produsen CPO dapat ikut mendaftar program minyak goreng rakyat ini melalui aplikasi Simirah.

Halaman:

Editor: Mustholih

Sumber: Kemendag.go.id

Tags

Terkini

Terpopuler

X