• Minggu, 3 Juli 2022

Harga Minyak Mentah Meroket, Sri Mulyani: Kalau BBM dan Listrik Tidak Naik, Subsidi Naik

- Jumat, 20 Mei 2022 | 07:59 WIB
Menurut Sri Mulyani, pemerintah ajukan tambahan subsidi energi dan perlindungan sosial untuk cegah stagflasi akibat kondisi geopolitik dunia.
Menurut Sri Mulyani, pemerintah ajukan tambahan subsidi energi dan perlindungan sosial untuk cegah stagflasi akibat kondisi geopolitik dunia.

Kanaljateng.com -- Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengajukan penyesuaian beban subsidi di sektor energi.

Menurut Sri Mulyani Indrawati, harga minyak mentah (Indonesian crude price/ICP) yang saat ini seharga 102,5 Dolar Amerika Serikat per barel sudah jauh melampaui asumsi harga yang ditetapkan APBN 2022 sebesar 63 dolar per barel.

Akibatnya, kata Sri Mulyani Indrawati, beban subsidi dan kompensasi bagi Pemerintah menjadi meningkat signifikan.

Baca Juga: Jokowi Siap Buka Keran Ekspor Minyak Goreng, Bos Sawit Bakal Senang Dengar Kabar Gembira Ini

"Harga keekonomian dari BBM kita mengalami perubahan sangat tinggi. Harga keekonomian sudah jauh di atas harga asumsi yang digunakan untuk mengalokasikan subsidi APBN untuk minyak tanah, solar, LPG, dan pertalite,” kata Sri Mulyani dikutip dari Setkab.go.id, Jumat, 20 Mei 2022.

Dengan gap yang semakin besar, kata Sri Mulyani, Pemerintah perlu segera melakukan penyesuaian pagu subsidi dan kompensasi.

Potensi beban subsidi dan kompensasi menahan gejolak harga komoditas 2022 mencapai Rp443,6 triliun.

Baca Juga: 540 ribu anak di Jateng Menderita Stunting,Simak Cara Pemerintah Provinsi Menurunkan Angkanya?

Dengan asumsi harga minyak mentah 100 Dolar AS per barel, kata Sri Mulyani, subsidi energi melonjak dari semula Rp134 triliun menjadi Rp208,9 triliun.

Dengan perincian, kompensasi solar semula sebesar Rp18,5 triliun menjadi Rp98,5 triliun, sedangkan untuk pertalite dan listrik yang semula tidak ada, masing-masing menjadi Rp114,7 triliun dan Rp21,4 triliun.

Halaman:

Editor: Mustholih

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X